Senin, 10 Desember 2012

TEMAN LULUS DULUAN!!!!!!!

Kemarin, 10/12/12... dua orang temanku lulus dan tanggal 5 ini akan diwisuda ... senangkah aku??senang...sangat senang sekali...aku bangga dua orang temanku yang walaupun berbeda jurusan dan fakultas telah menyelesaikan studinya di jenjang S1 jauh lebih cepat dari aku yang masih butuh 1 tahun lagi untuk menyelesaikan tanggung jawab ini.

Sedihkah aku?jawabannya IYA... pernah ada sebuah pepatah, "kita akan sedih jika teman kita gagal, kita berhasil..tapi akan lebih sedih ketika teman kita berhasil sementara kita gagal". Dalam konteks sekarang walau sekeras mungkin aku mencoba untuk menyadari bahwa  aku tidak gagal,tetap saja dikepalaku aku gagal..aku gagal seperti mereka yang telah lulus duluan...walau harus kusadari  aku bukan tidak bisa, tapi memang bukan kuasaku untuk membuat aku bisa lulus secepat itu.

Banyak yang stres, panik, terbebani, dll ketika temannya telah lulus dluan, ketika temannya telah memilki gelar dibelakang namanya..sebennarnya yang menjadi masalah adalah ketika kita memikirkan pandangan orang.... nah..mari kita berlogika bersama.. pemikiran2 negatif orang lain yang kita anggap akan muncul dan pikiran2 positif dari kita untuk menepisnya..

"Loh...si A udah lulus ya??kan satu angkatan dengan kamuu??kok kamu belum lulus???kan satu jurusan?"kita pasti sangat alergi, muak, takut, bahkan sebisa mungkin tidak mendapat pertanyaan seperti itu...tapi jika kita pikir2 lagi, pertanyaan seperti itu wajar muncul..sangat wajar...ketika kita sadar itu wajar..ya kita jawab sewajarnya juga.....jawabannya: "ya, si A memang rajin, jauh lebih rajin dari saya...dan dari seluruh agkatan saya dia termasuk 10 orang terajin...mungkin saya belum serajin dia, semoga saja saya cepat menyusl...doain yah..." sederhana bukan???ya kan???.. ketika pertanyaan lanjutannya datang "kok kamu ga bisa seperti dia??" pertanyaan simple yang menusuk tulang kan..hahahahah... jawabannya simple juga..."karena aku bukan dia...hahahaha"

Tapi tenang teman2....pertanyaan itu untuk orang2 yang satu jurusan dengan orang yang lulus duluan...hehehe... nah, bagaimana dengan orang2 yang satu agakatan tapi beda jurusan..seharusnya teman2 jauh lebih tenang lagi..santai, jangan panik, tapi tetap fokus... ketika pertanyaan tipe lain muncul..."kmu angkatan 2009 ya?" kok belum lulus? si A udah lulus tuh" pasti teman2 langsung "emosi" hahahaha... tinggal jawab aja ..."yah...dia kan beda jurusan dengan saya...toh di jurusann saya belum ada yang lulus satupun..hehehe" dan jika anda jurusan JURNALISTIK...FIKOM UNPAD...anda bisa COPY PASTE JAWABAN SAYA .."saya itu kuliah di Jurnalistik..jurusan terberatlah di FIKOM Unpad...(tapi itu bukan alasan sih)hahahah...gini2.. jurnalistik itu emg jurusan yang berat, tugas2nya banyak banget, tiap minggu serasa bikin skripsi, tiap minggu harus ke lapangan, dll..nah...yang bikin kita lama lulus itu, bukan karena tugasnya..tapi karena kurikulum perkuliahan membuat kita terikat dengan waktu yang lama...awal semester 8..seharusnya kita telah bisa fokus untuk menulis skripsi...tapii...kita harus melakukan Jobtraining...dan anda tahu berapa lama kita harus jobtraining>???????kotor2nya 6 bulan....fix..1 semester terpakai..sehingga tidak ada yang bisa lulus 4 tahun pas..paling cepat itu 4 tahun 3 bulan...nah dari sana dapat disimpulkan anak jurnalistik emg ga ada yang lulus 4 tahun..bukan karena tak mau...bukan karena tak mampu...bukan karena pemalas, bukan karena tak semangat..bukan tak niat...tapi TAK KUASA...hehehe"

Untuk teman2 jurusan lain..seperti sastra, fisip, kedokteran dll...kalian jangan panik, jangan cemas, jangan takut, jangan kuatir...banyak orang bilang"tak perlu lulus tepat waktu, asal lulus di waktu yang tepat"..hahaha... tapi kalian jangan lalai juga....tugas kalian di sini adalah untuk belajar, menuntut ilmu, dan pulang membawa gelar baru untuk orang tua kalian...jadi..maksimalkan apa yang kalian punya..jangan tunda2 jika kalian memang telah bisa...jangan malas ketika kalian telah punya tanggung jawab..(motivasi sendiri) heheh... lihat sekeliling anda..apakah hanya Anda yang belum lulus...??tidak kan???apakah Anda termalas di lingkungan Anda??tidak kan...??selagi teman2 masih berada di jalur yang bear..tenang saja...tujuan teman2 pasti sampai...!!!

Tidak ada yang sulit di dunia ini jika kita mau mencoba... dan yang perlu diingat..Allah tidak membebani sesuatu kepada hambanya kecuali sang hamba mampu memikulnya...okeeee...
jadii...teman kita ada yang lulus duluan.. senang boleh, sedih pun boleh...tapi senang kita harus tulus karena mereka mampu sukses lebih dulu, mampu menyelesaikan lebih dulu tanggung jawabnya, dan mampu melanjutkan masa depan lebih cepat...walau tanggung jawab yang akan dihadapi mereka jauh lebih besar...

Teman2 ku...kita untuk beberapa bulan ke depan masih berkutat dengan tugas2 kuliah yang berkaitan dengan nilai...tapi mereka yang telah lulus bisa jadi berkutat dengan tugas yang berkaitan dengan gaji dan hidup mereka...ingat sahabat...makin besar kita, makin besar tanggung jawab yang harus kita jalani....kalau maus sedih karena kita ditinggal lulus duluan juga boleh...asal dijadikan motivasi..bukan BEBAN..ingat..bukan beban...anggap saja mereka adalah orang2 yang telah sampai diseberang jurang terlebih dahulu untuk melemparkan tali pada kita untuk menyeberangi jurang juga...

Tetap semangat teman2...tetap semangat arif mulizar..hahahaha ada sesuatu dibalik senyuman kita semua, ada sesuatu dibalik ucapan selamat kita, ada sesuatu dibalik rasa bangga kita... apa itu...MOTIVASI dalam diri yang berbisik dalam hati.. "TENANG TEMAN, SEBENTAR LAGI AKU MENYUSULMU, WALAU ITU SETAHUN LAGI, YANG PENTING AKU AKAN MENYUSUL" okeeee...!!!! keep struglle and stay together... #eh













6 komentar:

  1. :) sangat suka motivasi yg ada dibalik tulisan ini. memang senang dan sedih mendengar kalo ada salah satu teman kita yg udah sidang skripsi. tapi seperti kata arif, itu emang jalannya, memang kurikulumnya yg memungkinkan :')

    BalasHapus
  2. terimakasih faraa..semoga kita bisa segera menyusul..hehee

    BalasHapus
  3. jadi termotivasi. ternyata jurnal lama lulusnya itu bener-bener pure karena kurikulumnya ya. emang jobtre mesti 6 bulan ya kak? kirain cuma dua bulan aja boleh hm :| btw, saya jurnal 2011 hehe. semangat kak, semoga bisa menyusul secepatnya.

    BalasHapus