Senin, 18 Februari 2013

Yayasan Karya Salemba Empat ,Bangun Prestasi demi Cita-cita Negeri

 
Dunia pendidikan semakin maju, setiap orang berlomba untuk mendapatkan pendidikan yang paling layak untuk masa depannya. Namun, mahal dan sulitnya mendapatkan pendidikan yang bagus menyebabkan banyak orang terpaksa gagal dan berhenti melanjutkan pendidikannya. Biaya pendidikan yang semkain meningkat disertai pemenuhan kebutuhan penunjang lainnya menyebabkan uang menjadi faktor penting yang harus diperhatikan.
 
Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) salah satu yayasan di Indonesia yang sangat peduli dengan proses pencerdasan bangsa lewat bantuan finansial. KSE percaya  sebuah cita-cita besar tentang perbaikan pendidikan dan ekonomi bangsa akan sulit dijalankan jika tidak adanya dukungan financial untuk menjalankannya. Oleh sebab itu KSE secara berkelanjutan setiap tahunnya memberikan beasiswa pada mahasiswa pilihan dari 13 Universitas Negeri di Indonesia. 
 
Menurut Hengky Poerwowidagdo, Cheif operating Officer KSE, Berdirinya yayasan ini dimulai pada tahun 1995, delapan orang alumni FE UI yaitu Mirza Adityaswara,Satriadi Indarmawan,Tatan A Taufik,Basya G Himawan,Rijal B Prasetijo,Salustra Satria,Laksono Widodo,Robert Tumiwa, mereka berinisiatif memberikan bantuan pada junior mereka yang mengalami kesulitan ekonomi di Fakultas Ekonomi UI. Lama-kelamaan hal yang mereka lakukan menarik kepedulian banyak orang sehingga dana yang terkumpul semakin banyak.”Semakin banyaknya dermawan yang bergabung dalam memberikan bantuan menyebabkan semakin banyak mahasiswa yang dibantu”jawab Hengky
 
Pada tahun kedua 1996-1997 jumlah mahasiswa dibantu semakin berkembang menjadi 10 orang dengan 13 orang donatur. Pada tahun yang sama program ini selain memberikan bantuan uang juga menyumbangkan buku ke perpustakaan universitas. Selama periode ketiga tahun 1997-1998 kegiatan beasiswa lanjut tumbuh menjadi  12 siswa didukung oleh 20 donatur. Jumlah buku yang disumbangkan ke perpustakaan juga tumbuh dengan ukuran meningkatnya sumbangan yang diterima.
 
Selama periode keempat 1998-1999 jumlah mahasiswa didukung tumbuh menjadi 19 dengan 26 orang donatur. Tepat 3 Oktober berdirilah Yayasan Karya Salemba Empat sampai dengan sekarang 2013 beasiswa yang diberikan telah membantu lebih dari 6000 mahasiswa untuk melanjutkan kuliah mereka. Ide nama Karya Salemba Empat ini muncul karena sang para pendiri KSE menuntut ilmu di kampus yang berlokasi di Jalan Salemba no. 4
 
 “Sharing, Networking, and Developing” tiga kata yang menjadi motor luar biasa bagi KSE dalam memberikan bantuan beasiswa. KSE yakin selalu ada jalan untuk suatu niat yang luhur, dengan melihat peluang bahwa setiap perusahaan pasti akan melakukan tanggungjawab perusahaan atau yang sering dikenal Coorporate Social Responsibility (CSR). KSE berusaha menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan besar di Indonesia untuk turut membantu program beasiswa KSE. Sekarang berbagai CSR perusahaan seperti Bank BNI, Bank Mandiri, Bank OCBC NISP, Indofood, PGN, Indika, dan lain sebagainya telah terhimpun dalam Yayasan Karya Salemba Empat ini.
 
Dengan total bantuan mencapai 1,5 milyar per tahun Universitas negeri yang sekarang mendapat bantuan dari KSE adalah UI, UNDIP, UNAND,USU, UNPAD, ITB, ITS, UNMUL, UNUD, Universitas Nusa Cendana, dan Universitas Sam Ratulangi. Bantuan disitribusikan per bulannya dengan mewajibkan laporan rutin bagi setiap penerimanya secara disiplin. Menurut salah seorang penerima beasiswa Alfian Guntoro dari Institut Teknologi Surabaya, sistem pelaporan beasiswa penerima menjadi lebih disiplin dan bertanggung jawab terhadap dana yang diberikan.”Kita bisa lebih mengerti dengan arti tanggung jawab terhadap bantuan yang diberikan lewat laporan rutin per bulan”ujar Alfian
 
Menurut salah seorang penerima beasiswa lain Nafian Awaludin dari Universitas Indonesia, beasiswa KSE memberikan beberapa hal pagi penerima beasiswanya bukan hanya dana. Penerima beasiswa mendapatkan tempat yang tepat untuk berbagi pengalaman, berbagi cerita, membentuk networking, dan mengembangkan diri kita.”Kita dapat keluarga baru di KSE, dari seluruh Indonesia”ujar Nafian.
 
Selain itu menurut Rumawati Ningsih dari Institut Pertanian Bogor, beasiswa KSE merupakan beasiswa yang tidak hanya memberikan bantuan berupa materi namun merupakan beasiswa yang memberikan pelatihan2 yang dapat mengasah soft skill mahasiswa, baik berupa leadership camp, enterpreneursship camp, inovasi technology camp,dan lainnya.”Semua kebutuhan untuk pengembangan diri kita difasilitasi dengan baik oleh KSE”jawab Ruma.
 
Harapan Yayasan KSE ke depan menurut Hengky agar mampu  memberikan beasiswa kepada 10.000 mahasiswa Indonesia yang membutuhkan dan Mendorong mempersiapkan  penerima beasiswa menjadi lulusan yang memiliki integritas, berwawasan kebangsaan dan cinta pada tanah air, nusa dan bangsa. “Kita ingin penerima beasiswa KSE dapat menjadi  generasi penerus bangsa yang memiliki integritas serta cinta pada tanah air nusa dan bangsa.”jawab Hengky.
 
"Berbagi langkah awal mencapai hasil maksimal" Arif Mulizar
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar